Senin, 25 Mei 2015

Pengenalan Bahasa Pemrograman C#


Pengenalan Bahasa C#

Ø  Sejarah C#
Pada akhir decade 1990-an, Microsoft membuat program Microsoft visual J++ sebagai sebuah langkah percobaan untuk menggunakan Java di dalam system operasi Windows untuk meningkatkan antarmuka dari Microsoft Component Object Model ( COM ). Akan tetapi, akibat masalah dengan pemegang hak cipta bahasa pemrograman Java, Sun Microsystem, Microsoft pun menghentikan pengembangan J++, kompilernya dan mesin virtualnya sendiri dengan menggunakan sebuah bahasa pemrogramman yang bersifat general – purpose. Untuk menangani proyek ini, Microsoft merekrut Anders Helsberg, yang merupakan mantan karyawan Borland yang membuat bahasa Turbo Pascal, dan Borland Delphi, yang digunakan di dalam J++. Sebagai hasil dari usaha tersebut, C# pun pertama kali dipernakan pada bulan juli 2000 sebagai sebuah bahasa pemrograman modern berorientasi objek yang menjadi sebuah bahasa pemrograman utama di dalam pengembangan di dalam platform Microsoft.NET framework.

Pengalaman Helsberg sebelumnya dalam pendesain bahasa pemrograman seperti Visual J++, Delphi, Turbo pascal dengan mudeh dilihat dalam sintaksis bahasa C#, begitu pula halnya pada inti Common Language Runtime (CLR). Dari kutipan atas interview dan makalah – makalah teknis yang menyebutkan kelemahan – kelemahan yang terdapat pada bahasa pemrograman yang umum digunakan saat ini, misalnya C++, Java, Delphi, ataupun smalltalk. Kelemahan – kelemahan yang dikemukakkan yaitu menjadi basis CLR sebagai bentuk baru menutupi kelemahan kelemahan tersebut, dan pada akhirnya memengaruhi desain pada bahasa C# itu sendiri. Ada kritik yang menyatakan C# sebagai bahasa yang berbagi akar dari bahasa
C++ dan Java adalah desain berorientasi objek, seperti garbage collection, reflection, akar kelas (root class(, dan juga penyederhanaan terhadap pewarisan jamak (multiple inheritance). Fitur – fitur tersebut di dalam C# kini telah diaplikasikan terhadap literasi, property, kejadian (event), metadata, dan konversi antara tipe – tipe sederhana dan juga objek. C# didisain untuk memenuhi kebutuhan akan sintaksis C++ yang lebih ringkas dan Rapid application Development yang „tanpa batas‟ dibandingkan dengan RAD „terbatas‟ seperti yang terdapat pada Delphi dan Visual Basic ). Agar mampu mempromosikan penggunaan besar – besaran dari bahasa C#, Microsoft, dengan dukungan dari Intel Coorporation dan Hewlett Packard, mencoba mengajukan standarrdisasi terhadap bahasa C#. Akhirnya, pada bulan Desember 2001, standar pertama pun diterima oleh European Computer Manufacturers Association atau Ecma International ( ECMA ), dengan nomor standar ECMA-344. Pada Desember 2002, standar kedua pun diadopsi oleh ECMA, dan tiga bulan kemudian diterima oleh International Organization for Standardization (ISO), dengan nomoer standar ISO/IEC 23270:206

Ø  Bahasa Pemrograman C#
 C# ( C sharp ) adalah sebuah bahasa pemrograman berbasis objek yang didukung oleh microsoft .NET framework. Microsoft .NET framework adalah perantara agar aplikasi dengan bahasa pemrograman yang didukung dapat berkomunikasi dengan system operasi yang digunakan oleh komputer yang digunakan. Selain itu, .NET framework juga memungkinkan C# berkomunikasi dengan bahasa pemrograman lainnya yang juga didukung oleh .NET framework seperti VB. NET, F# atau C++. Dengan kata lain, aplikasi yang kita buat dapat menggunakan komponen – komponen lain yang dibuat dengan menggunakan VB .NET, J#, F#, atau C++. Banyak orang berkata bahwa C# hanya dapat digunakan pada system operasi windows. Namun sesungguhnya aplikasi C# dapat digunakan dalam berbagai macam system operasi baik windows ( dengan menggunakan .NET framework), Mac OS, LINUX, serta sistem operasi
berbasis UNIX lainnya ( dengan menggunakan mono framework ). Bahasa pemrograman C# juga banyak digunakan untuk membangun aplikasi seperti aplikasi web, aplikasi desktop, aplikasu zune, aplikasi permainan (desktop dan XBOX) dan berbagai jenis aplikasi lainnya.
Ø  Beberapa kelebihan dari bahasa C#
1. Termasuk bahasa pemrograman .NET. dengan demikian user dapat menggunakan komponen – komponen yang dibangun dengan bahasa pemrograman .NET lainnya (integrasi antar bahasa)
2. Bahasa pemrograman C# memiliki language integrated query (LINQ) yang merupakan sintaks query yang dapat digunakan pada setiap kumpulan data.  
3. Windows presentation foundation (WPF) dapat digunakan untuk membuat tampilan aplikasi dengan sangat kreatif
4. Microsoft memberikan IDE (software yang digunakan untuk membangun sebuah program ) secara gratis, yaitu Microsoft visual studio express edituion IDE inilah yang akan digunakan untuk membangun aplikasi C#.
Ø  Instalasi C#
C# yang dibangun dalam praktikum ini menggunakan Visual Studio 2010 Express Edition. Adapun screenshoot instalasi di bawah ini merupakan screenshoot dari instalasi Visual Studio Express Edition (khusus untuk bahasa C# ) yang diinstal via web. Berikut tahapan instalasi C# tersebut :
1.      Downloadlah terlebih dahulu installer Visual Studio Express Edition ( dapat menggunakan link di bawah ini )
http://www.microsoft.com/visualstudio/enus/products/2010editions/visual-csharp-express
2. Setelah itu akan muncul tahapan instalasi di bawah ini saat mengklik file yang telah didownload. Hilangkan tanda pada pilihan “yes, send information about setup experiences to Microsoft Corporation”. Kemudian klik “Next”.

Description: https://html2-f.scribdassets.com/6yy9nsgdts1pi28e/images/5-4c4a947b12.jpg
Gambar 5.1 Tampilan Awal Penginstalan
Gambar 5.2 Persetujuan Penginstalan

3. Berikan tanda pada pilihan “I have read and accept the licence terms” kemudian klik “Next”.
4. Hilangkan tanda pada tahapan berikutnya dikarenakan saat ini belum memerlukan fitur tersebut. Kemudian klik “Next”.
Description: https://html2-f.scribdassets.com/6yy9nsgdts1pi28e/images/6-5b47dd6b24.jpgGambar 5.3 Melanjutkan Penginstalan
5. Langsung klik “Install”
6. Tunggu hingga instalasi selesai.
Setelah itu, visual studio 2010 Express Edition C# siap untuk digunakan.
Description: https://html1-f.scribdassets.com/6yy9nsgdts1pi28e/images/7-dd4d7b5dd8.jpg
Gambar 5.5 Proses Penginstalan

Ø  Variabel dan Tipe Data
Variabel adalah sebuah tempat untuk menyimpan data. Contoh, apabila user ingin menghitung volume balok, maka nilai panjang, lebar, tinggi dan volume dari perhitungan tersebut dapat disimpan di dalam variabel. Deklarasi variabel adalah sebuah perintah agar komputer menyediakan varibel yang akan dipakai. Berikut aturan penamaan sebuah variabel :
1. Nama aturan hanya boleh terdiri dari huruf, angka, dan garis bawah/ underscore(_).
2. Karakter pertamanya harus huruf
3. Huruf besar dan huruf kecil dianggap sensitif (Case sensitive)
4. Keyword yang ada dalam bahasa pemrograman tidak boleh digunakan sebagai nama variabel.
Tipe data berfungsi untuk mempresentasikan jenis dari sebuah nilai yang terdapat dalam program. Kesalahan dalam menyebutkan tipe data akan menyebabkan program yang dibuat tidak dapat dijalankan. Tipe data dibagi menjadi :


1.      Tipe Data Dasar
a.       Tipe Bilangan Bulat Tipe ini digunakan untuk data-data yang tidak mengandung angka di belakang koma atau disebut juga bilangan bulat.
b.      Tipe Bilangan Riil Tipe data ini adalah tipe yang merepresentasikan data-data bilangan yang mengandung angka di belakang koma atau disebut juga bilangan desimal.
c.       Tipe Logika Tipe data ini merepresentasikan data-data yang hanyamengandung dua buah nilai, yaitu nilai logika (Boolean). Nilai logika itu sendiri hanya terdiri dari nilai benar dan salah, tipe ini telah dinyatakan dalam tipe bool. Dalam pemrograman, nilai ini umumnya lebih dikenal dengan nilai true dan false.
d.      Tipe Karakter / String Tipe ini merepresentasikan data-data yang berupaka sekumpulan karakter.

2.      Operator dalam C#
Operator adalah suatu tanda atau simbol yang digunakan untuk suatu operasi tertentu. Bahasa C# menyediakan operator pengerjaan, operator aritmatika, operator tipe, operator hubungan, operator logika, operator bitwise, operator ternary, dan operator koma.

a.       Operator Hitung Terdapat lima operator hitung dasar seperti di bawah ini.
Operator + * / %
b.      Operator Relasi Operator relasi menilai relasi antara dua operan dan memberi hasil benar dan salah. Dalam C# hasil benar diberi nilai 1 dan salah diberi nilai 0. Operator-operator relasi diberikan seperti di bawah ini.
Operator < > == <= >= !=
c.       Operator Penurunan dan Penaikan Operator penurunan (- -) berfungsi menurunkan harga suatuekspresi ekspresi sebanyak 1. Sebaliknya operator penaikan (++) menaikkan harga suatu ekspresi sebanyak 1. Keduanya adalah operator uner (unary). Statemen x_val++; setara dengan x_val = x_val + 1; dan statemen y_val- -; setara dengan y_val = y_val – 1;. Operator (- -) dan (++) dapat juga ditempatkan di depan atau sebelum ekspresi. Dalam hal ini, operator mengubah harga ekspresi terlebih dahulu sebelum menggunakannya.

d.      Operator Ukuran Operator ukuran (size of) memberikan jumlah byte yang terdapat dalam operannya.

e.       Operator Assignment Operator assignment adalah operator yang berfungsi untuk memasukkan (assign) nilai ke dalam suatu variabel ataupun konstanta. Operator ini dilambangkan dengan lambang sama dengan (=).

f.        Operator Unary Dalam ilmu matematika yang disebut dengan operator unary adalah operator yang melibatkan sebuah operand. Fungsi Increase dengan penambahan nilai 1 Decrease dengan pengurangan nilai 1 Cast Ukuran operand dalam byte Unary NOT Komplemen 1 (bitwise NOT) Menghasilkan alamat memori operand (operator pointer) Menghasilkan nilai pengenal di alamatnya (operator pointer)

g.      Operator Binary Operator binary adalah operator yang digunakan dalam operasi yang melibatkan dua buah operand.

Ø  Operator Aritmatika Adalah operator yang digunakan untuk melakukan operasi aritmatika. Ada 5 operator aritmatika pada C#, yaitu :

1.      Pengurangan (-)
2.      Penambahan (+)
3.      Perkalian (*)
4.      Pembagian (/)
5.      Modulo (%)
Ø  Operator Logika Adalah operator yang digunakan untuk melakukan operasi di mana nilai yang dihasilkan dari operasi tersebut hanya berupa nilai benar (true) atau nilai salah (false). Nilai ini disebut dengan nilai Boolean. Ada 4 operator logika, yaitu :
1.      Operator && (AND) Operator AND hanya akan menghasilkan nilai 1 (benar) jika semua nilai operandnya bernilai benar.
2.      Operator || (OR) Operator OR hanya akan menghasilkan nilai 0 (salah) jika semua operandnya bernilai salah, namun jika tidak maka operasi ini akan menghasilkan nilai 1 (benar).
3.      Operator ! (NOT) Nilai yang dihasilkan dari operasi NOT adalah kebalikan dari nilai yang dikandung di dalamnya.
4.      Operator Relasi Operasi relasi menilai relasi antara dua operand dan memberikan hasil benar atau salah. Macam-macam operasi relasi yaitu operator > (lebih besar), operator < (kurang dari), operator >= (lebih dari atau sama dengan), operator != (tidak sama dengan).
Ø  Operator Bitwise Operator bitwise adalah operator yang berguna untuk melakukan operasi-operasi yang berhubungan dengan manipulasi bit.

Adapun hasi dari operasi operator ini akan bernilai 1 (benar) jika :
satu operandnya (bukan salah satunya) bernilai benar, selain itu akan menghasilkan nilai salah.
a.       Operator ~ (NOT)
b.      Operator >> (shift right) Operator ini digunakan untuk melakukan perpindahan bit ke arah kanan.
c.        Operator << (shift left) Operator ini digunakan untuk melakukan perpindahan bit ke arah kiri.

Ø  Operator Ternary Operator ternary adalah operator yang digunakan dalam operasi yang melibatkan tiga buah operand.
Ø   Operator Ukuran (size of) Operator ukuran berfungsi memberikan jumlah byte yang terdapat dalam jumlah operandnya.


Ø   Input dan Output

Fungsi Console.WriteLine() atau Console.Write() dalam bahasa C# yaitu untuk menampilkan informasi ke layar. Di dalam C# terdapat conversion specifier yang digunakan untuk menampilkan informasi yang nilainya tidak pasti. Nilai yang menggantikan conversion specifier disebut dengan argument. Hal ini dapat dilihat pada sub bab sebelumnya, yaitu
Console.WriteLine("Keliling Lingkaran = {0}", +keliling);{0} keliling

conversion specifier argument

Isi dari variabel keliling sesuai dengan hasil perhitungan rumus sebelumnya, yakni 87,90021 sehingga yang akan ditampilkan di layar yaitu Keliling Lingkaran = 87,90021. Fungsi Console.ReadLine() digunakan untuk meminta nilai yang dimasukkan oleh user di dalam bahasa C#. Namun nilai yang diberikan oleh

Console.ReadLine()

bertipe string sehingga untuk mengubah tipe string

menjadi tipe yang diinginkan, user perlu menggunakan fungsi TryParse(). 5.2.5 Pengkondisian Di dalam sub bab inilah operator-operator yang tadi belum dijelaskan akan dijelaskan (yaitu operator relasional dan operator logika). Adapun pengkondisian di sini terbagi menjadi dua bagian, yakni pemrograman dengan menggunakan if() dan switch(). 5.2.6 Perulangan

5.2.6.1 Statemen for Struktur perulangan for biasa digunakan untuk mengulang suatu proses yang telah diketahui jumlah perulangannya. Dari segi penulisannya, struktur perulangan for tampaknya lebih efisien karena susunannya lebih simpel dan sederhana. Bentuk umum perulangan for adalah sebagai berikut :
for (inisialisasi; syarat; penambahan) pernyataan;

Keterangan :  Inisialisasi yaitu menyatakan keadaan awal dari variabel kontrol.  Syarat yaitu ekspresi relasi yang menyatakan kondisi untuk keluar dari perulangan.  Penambahan yaitu pengatur perubahan nilai variabel kontrol. 5.2.6.2 Statemen While


Fungsi while sebenarnya sama dengan for, namun while memerlukan sebuah argumen berupa kondisi pertidaksamaan yang menentukan dikerjakan proses pengulangan atau tidak. Penggunaan while dapat dinyatakan dalam bentuk :
while (kondisi) { proses; }

5.2.6.3 Statemen Do While Pada proses perulangan do...while, seleksi while berada di bawah batas perulangan. Dengan menggunakan struktur do...while sekurang-kurangnya akan terjadi satu kali perulangan. Penggunaan do...while dapat dinyatakan dalam bentuk
do { proses } while (kondisi)

Perbedaan

struktur

perintah

perulangan

while

dengan

do...while adalah jika while itu kondisi perulangan yang sudah pasti atau ditentukan pada syntaknya. Sedangkan pada do...while ada program kemudian setelah proses tersebut (do) selesai akan dinyatakan terlebih dahulu akan diulang atau tidak.


5.3 Hasil Percobaan dan Analisa 5.3.1 Program Hello Siskom Program pertama yang akan dibangun adalah program “Hello Siskom” yang memiliki beberapa komponen di dalamnya. Komponen – komponen tersebut antara lain sebagai berikut. 1. Fungsi main ( ) 2. Perintah (statement) 3. Keyword (using) 4. Komentar 5. Kurung kurawal Langkah awal untuk membuat dokumen baru di Visual C# adalah sebagai berikut. 1. Pilih File > Project > Windows > Console Application 2. Beri nama Project sesuai dengan selera, e.g Hello SIskom, klik ok. 3. Ketik kode program dibawah ini,
using System; namespace Hello_Siskom { classProgram { staticvoid Main (string[ ]args)// ini fungsi main ( ) { Console.WriteLine (“Hello Siskom…”); } } }

4. Lalu, jalankan file yang telah dibuat tadi dengan menekan (CTRL + F5), dan hasilnya akan tampak seperti di bawah ini


Gambar 5.6 Tampilan Hasil Program1

1. Fungsi main( ) Berisi perintah / statement yang akan dilakukan oleh komputer, contoh Fungsi main ( ) dalam bahasa C# yaitu, staticvoid Main (string[ ]args 2. Perintah (statement) Digunakan untuk memerintahkan komputer melakukan tugas tertentu, contoh perintah dalam bahasa C# yaitu, Console.WriteLine (“Hello Siskom…”); 3. Keyword (using) Karena contoh program menggunakan fungsi Console.WriteLine ( ), maka user harus memberitahu komputer library file yang mencatat Console.WriteLine ( ). Caranya adalah dengan menulis using System; di awal kode program. Perintah usin System, menandakan bahwa user akan menggunakan segala sesuatu yang ada di library System. 4. Komentar Komentar tidak dibaca oleh komputer. Ini hanya sekedar catatan yang digunakan oleh programmer agar tidak lupa dengan apa yang telah dibuat, contoh penulisan komentar adalah //komentar untuk 1 baris /*komentar untuk lebih dari satu baris.


5. Kurung kurawal Kurung kurawal untuk menandakan awal dan akhir sekelompok statement, contoh
classProgram { staticvoid Main (string[ ]args)// ini fungsi main ( ) { Console.WriteLine (“Hello Siskom…”); } }

5.3.2 Variabel dan Tipe Data Variabel adalah sebuah tempat untuk menyimpan data. Contoh, apabila user ingin menghitung volume balok, maka nilai panjang, lebar, tinggi dan volume balok dari perhitungan tersebut dapat disimpan di dalam variabel. Deklarasi variebl adalah sebuah perintah agar komputer menyediakan variabel yang akan dipakai. Dalam contoh yang akan dijelaskan di bawah ini, user memerintahkan komputer untuk menyediakan variabel dengan nama panjang, lebar, tinggi dan volume. Variabel tersebut akan digunakan untuk menyimpan data yang berupa bilangan bulat ( integer ). Berikut listing programnya,
Using System; Namespace VolumeBalok { ClassProgram { Staticvoid Main (string[ ] args) Int panjang, lebar, tinggi, volume; Panjang = 10; Lebar = 5; Tinggi = 2; Volume = panjang * lebar * tinggi; Console.WriteLine (“Volume Balok : “ +volume); } } }


Dan apabila dijalankan, maka hasil programnya adalah sebagai berikut.

Gambar 5.7 Tampilan Hasil Program 2

Berikut aturan penamaan sebuah variabel. 1. Nama aturan hanya boleh terdiri dari huruf, angka, dan garis bawa / underscore ( _ ). 2. Karakter pertamanya harus huruf 3. Huruf besar dan kecil dianggap berbeda ( case sensitive ) 4. Keyword yang ada dalam bahasa pemrograman, e.g using tidak boleh digunakan sebagai nama variabel. 5.3.3 Aritmatika Di dalam bahasa pemrograman, terdapat beberapa macam operator yang akan sering digunakan, yaitu sebagai berikut. 1. Assignment operator 2. Mathematical operator 3. Relational operator 4. Logical operator Dalam sub bab ini, akan dijelaskan mengenai program yang menggunakan operator aritmatika / matematika dan operator assignment saja, seperti dalam perhitungan volume balok pada contoh sebelumnya. Untuk contoh program menggunakan operator – operator lain ( relational operator dan logical operator ) akan dibahas pada sub bab berikutnya. Adapun contoh program dalam sub bab ini adalah menghitung keliling lingkaran dengan nilai konstanta Pi yang tetap.
Using System; Namespace KelilingLingkaran {


ClassProgram { Staticvoid Main (string[ ] args) { Float r, keliling; Constfloat Pi = 3,14F ; R = 7; keliling = 4*Pi*r; Console.WriteLine (“Keliling Lingkaran = {0}”, + keliling); } } }

Gambar 5.8 Tampilan Hasil Program 3

Hasil running program tersebut adalah sebagai berikut. 5.3.4 Input dan Output Fungsi Console.WriteLine ( ) atau Console.Write( ) dalam bahasa C# yaitu untuk menampilkan informasi ke layar. Di dalam C#, terdapat conversion specifier yang digunakan untuk menampilkan informasi yang nilainya tidak pasti. Nilai yang menggantikan conversion specifier disebut dengan argument. Hal ini dapat dilihat pada sub bab sebelumnya, yaitu


Console.WriteLine (“Keliling Lingkaran = {0}”, + keliling);

{0} => conversion specifier Keliling => argument Isi dari variabel keliling sesuai dengan hasil perhitungan rumus sebelumnya, yakni 87,92001 sehingga yang akan ditampilkan di layar yaitu Keliling Lingkaran = 87,92001 Fungsi Console.ReadLine( ) digunakan untuk meminta nilai yang dimasukkan oleh user di dalam bahasa C#. Namun nilai yang diberikan oleh Console.ReadLine ( ) bertipe string sehingga untuk merubah tipe string menjadi tipe yang diinginkan, user perlu menggunakan fungsi TryParse ( ) 5.3.4.1 Tanpa TryParse Contoh source code program yang tidak menggunakan fungsi
TryParse()

adalah sebagai berikut.

using System; namespace InputOutput { class Program { static void Main(string[] args) { string input, input2; input = Console.ReadLine(); input2 = Console.ReadLine(); Console.WriteLine("Nama\t= {0} input, input2); } } }

\nNIM\t=

{1}",


Gambar 5.9 Tampilan hasil Program 4

1. using System; merupakan perintah yang menandakan bahwa user akan menggunakan segala sesuatu yang ada di library system. 2. namespace InputOutput merupakan perintah yang digunakan untuk menamai program. 3. class Program 4. static void Main(string[] args) ini fungsi main () merupakan awal dan untuk memulai fungsi program C# dalam compilernya. Void merupakan perintah tanpa tipe */. 5. string input, input2; merupakan pendeklarasian tipe data untuk input dan input2 yang bertipe string. 6. input = Console.ReadLine(); merupakan fungsi yang digunakan untuk memasukkan nilai ke input. 7. input2
= Console.ReadLine();

merupakan

fungsi

yang

digunakan untuk memasukkan nilai ke input2. 8. Console.WriteLine("Nama\t= {0} \nNIM\t= {1}",
input2); input,

merupakan perintah yang digunakan untuk menampilkan

tulisan “Nama, NIM” pada tampilan running program. Sedangkan \n merupakan fungsi yang digunakan untuk ganti baris atau enter. Dan
input, input2

digunakan untuk memanggil isi dari input dan

input2 yang telah dimasukkan.

Hasil running program adalah : 5.3.4.2 Dengan TryParse Contoh source code program yang menggunakan

TryParse()adalah using System;

sebagai berikut.

namespace InputOutput2


{ class Program { static void Main(string[] args) { float alas, tinggi, luas; string input; Console.Write("Masukkan alas\t: "); input = Console.ReadLine(); float.TryParse(input, out alas); Console.Write("Masukkan tinggi\t: "); input = Console.ReadLine(); float.TryParse(input, out tinggi); luas = (alas * tinggi) / 2; Console.WriteLine("Luas Segitiga\t: {0}", luas); } } }

Gambar 5.10 Tampilan hasil program 6

1. using System; merupakan perintah yang menandakan bahwa user akan menggunakan segala sesuatu yang ada di library system.
namespace InputOutput2

merupakan

perintah

yang

digunakan untuk menamai program. 2. class Program 3. static void Main(string[] args) ini fungsi main () merupakan awal dan untuk memulai fungsi program C# dalam compilernya. Void merupakan perintah tanpa tipe */.


4. float alas, tinggi, luas; merupakan pendeklarasian tipe data untuk alas, tinggi, dan luas yaitu bertipe float. 5. string input; merupakan pendeklarasian tipe data untuk input yaitu bertipe string. 6. Console.Write("Masukkan alas : ”. 7. input = Console.ReadLine(); merupakan perintah yang digunakan untuk memasukkan nilai. 8. float.TryParse(input, out alas); merupakan fungsi yang digunakan agar nilai yang bertipe string dapat diubah menjadi tipe yang diinginkan. 9. Console.Write("Masukkan
tinggi\t: "); alas\t: ");

merupakan

perintah yang digunakan untuk menampilkan tulisan “Masukkan

merupakan

perintah yang digunakan untuk menampilkan tulisan “Masukkan tinggi : “ pada tampilan running program. 10. input
= Console.ReadLine();merupakan

perintah yang

digunakan untuk memasukkan nilai. 11. float.TryParse(input, out tinggi); merupakan fungsi yang digunakan agar nilai yang bertipe string dapat diubah menjadi tipe yang diinginkan. 12. luas = (alas * tinggi) / 2; merupakan fungsi yang melakukan proses perhitungan luas segitiga. 13. Console.WriteLine("Luas
Segitiga\t: {0}", luas);

merupakan perintah yang digunakan untuk menampilkan tulisan “Luas Segitiga : “ pada tampilan running program.

Hasil running program adalah :


Gambar 5.11 Tampilan Hasil program 7

5.3.5

Pengkondisian

Adapun pengkondisian di sini terbagi menjadi dua bagian, yakni pemrograman dengan menggunakan if() dan switch(). 5.3.5.1 Program IF 5.3.5.1.1 Program IF (I) 1. Contoh program if(I)
using System; namespace PercabanganIF { class Program { static void Main(string[] args) { float alas, tinggi, luas; string input; Console.Write("Masukkan alas\t: "); input = Console.ReadLine(); float.TryParse(input, out alas); Console.Write("Masukkan tinggi\t: "); input = Console.ReadLine(); float.TryParse(input, out tinggi); if (alas > 0 && tinggi > 0)


{ luas = (alas * tinggi) / 2; Console.WriteLine("Luas Segitiga = {0}", luas); } else { Console.WriteLine("Alas besar dari nol"); } } } }

dan

tinggi

harus

lebih

1. using System; merupakan perintah yang menandakan bahwa user akan menggunakan segala sesuatu yang ada di library system. 2. namespace
PercabanganIF

merupakan

perintah

yang

digunakan untuk menamai program. 3. class Program 4. static void Main(string[] args) ini fungsi main () merupakan awal dan untuk memulai fungsi program C# dalam compilernya. Void merupakan perintah tanpa tipe */. 5. float alas, tinggi, luas; merupakan pendeklarasian tipe data untuk alas, tinggi dan luas yaitu bertipe float. 6. string input; merupakan pendeklarasian tipe data untuk input yaitu bertipe string. 7. Console.Write("Masukkan alas\t: "); merupakan perintah yang digunakan untuk menampilkan tulisan “Masukkan alas : ”. 8. input = Console.ReadLine(); merupakan perintah yang digunakan untuk memasukkan nilai. 9. float.TryParse(input, out alas); merupakan fungsi yang digunakan agar nilai yang bertipe string dapat diubah menjadi tipe yang diinginkan. 10. Console.Write("Masukkan
tinggi\t: ");

merupakan

perintah yang digunakan untuk menampilkan tulisan “Masukkan tinggi : “ pada tampilan running program.


11. input = Console.ReadLine(); merupakan perintah yang digunakan untuk memasukkan nilai. 12. float.TryParse(input, out tinggi); merupakan fungsi yang digunakan agar nilai yang bertipe string dapat diubah menjadi tipe yang diinginkan. 13. if (alas > 0 && tinggi > 0) merupakan fungsi untuk mendeklarasikan keadaan tertentu. 14. luas = (alas * tinggi) / 2; merupakan fungsi yang melakukan proses perhitungan luas segitiga. 15. Console.WriteLine("Luas Segitiga = {0}", luas); merupakan perintah untuk menampilkan tulisan “Luas Segitiga = “ pada tampilan running program. Sedangkan luas memanggil isi dari luas. Dan else untuk

digunakan untuk

merepresentasikan keadaan/kondisi telah dideklarasikan. 16. Console.WriteLine("Alas
besar dari nol"); dan

lain selain keadaan yang

tinggi

harus

lebih

merupakan perintah yang digunakan

untuk menampilkan tulisan “Alas dan tinggi harus lebih besar dari nol” pada tampilan running program.

Setelah dijalankan, maka tampilan program adalah sebagai berikut :

Gambar 5.12 Tampilan Hasil Program 8


5.3.5.1.2 Program IF (II) 2. Contoh program if(II),
using System; namespace PercabanganIF { class Program { static void Main(string[] args) { float UTS, UAS; string input; Console.Write("Masukkan nilai UTS\t: "); input = Console.ReadLine(); float.TryParse(input, out UTS); Console.Write("Masukkan nilai UAS\t :"); input = Console.ReadLine(); float.TryParse(input, out UAS); if (UTS >= 80 && UAS >= 80) { Console.WriteLine("Mahasiswa Mendapat Nilai A"); } else if (UTS >= 80 && UAS <= 80 || UTS <= 80 && UAS >= 80) { Console.WriteLine("Mahasiswa Mendapat Nilai B"); } else { Console.WriteLine("Sebaiknya Anda Belajar Lagi"); } } } }

1.

using System;

merupakan perintah yang menandakan bahwa

user akan menggunakan segala sesuatu yang ada di library system. 2.
namespace PercabanganIF

merupakan

perintah

yang

digunakan untuk menamai program. 3. 4.
class Program static void Main(string[] args)

ini fungsi main ()

merupakan awal dan untuk memulai fungsi program C# dalam compilernya. Void merupakan perintah tanpa tipe */.


5.

float UTS, UAS;

merupakan pendeklarasian tipe data untuk

UTS dan UAS yaitu bertipe float. 6.
string input;

merupakan pendeklarasian tipe data input

yaitu bertipe string. 7.
Console.Write("Masukkan nilai UTS\t: ");

merupakan tulisan

perintah

yang

digunakan

untuk

menampilkan

“Masukkan nilai UTS : ” pada tampilan running program. 8.
input = Console.ReadLine();

merupakan perintah yang

digunakan untuk memasukkan nilai. 9.
float.TryParse(input, out UTS);

merupakan fungsi yang

digunakan agar nilai yang bertipe string dapat diubah menjadi tipe yang diinginkan. 10. Console.Write("Masukkan nilai UAS\t :"); merupakan perintah yang digunakan untuk menampilkan tulisan “Masukkan nilai UAS” pada tampilan running program. 11. input = Console.ReadLine(); merupakan perintah yang digunakan untuk memasukkan nilai. 12. float.TryParse(input, out UAS); merupakan fungsi yang digunakan agar nilai yang bertipe string dapat diubah menjadi tipe yang diinginkan. 13. if (UTS >= 80 && UAS >= 80) merupakan fungsi untuk mendeklarasikan kondisi tertentu yaitu jika nilai UTS lebih besar atau sama dengan 80 dan nilai UAS lebih besar atau sama dengan 80. 14. Console.WriteLine("Mahasiswa
Mendapat Nilai A");

merupakan perintah yang digunakan untuk menampilkan tulisan “Mahasiswa Mendapat Nilai A” pada tampilan running program. 15. else if (UTS >= 80 && UAS <= 80 || UTS <= 80 &&
UAS >= 80)

merupakan fungsi yang digunakan untuk


mendeklarasikan kondisi lain selain kondisi yang pernah dideklarasikan, yaitu jika nilai UTS lebih besar atau sama dengan 80 dan nilai UAS lebih kecil atau sama dengan 80 atau nilai UTS lebih kecil atau sama dengan 80 dan nilai UAS lebih besar atau sama dengan 80. 16. Console.WriteLine("Mahasiswa
Mendapat Nilai B");

merupakan perintah untuk menampilkan tulisan “Mahasiswa Mendapat Nilai B” pada tampilan running program. 17. else merupakan fungsi untuk merepresentasikan kondisi lain selain kondisi-kondisi yang telah dideklarasikan. 18. Console.WriteLine("Sebaiknya Anda Belajar Lagi"); merupakan perintah yang digunakan untuk menampilkan tulisan “Sebaiknya Anda Belajar Lagi” pada tampilan running program.

Hasil running programnya adalah :

Gambar 5.13 Tampilan Hasil Program 9

5.3.5.2 Program Switch 5.3.5.2 Contoh program switch()


Berikut ini adalah source code program yang menggunakan fungsi switch ().
using System; namespace PercabanganSwitch { class Program { static void Main(string[] args) { string nilai; Console.Write("Masukkan nilai [A-E]\t: "); nilai = Console.ReadLine(); 1` switch (nilai) { case "A": Console.WriteLine("Nilai Anda\t: {0} (Sempurna)", nilai); break; case "B": Console.WriteLine("Nilai Anda\t: {0} (Sangat Baik)", nilai); break; case "C": Console.WriteLine("Nilai Anda\t: {0} (Baik)", nilai); break; case "D": Console.WriteLine("Nilai Anda\t: {0} (Cukup)", nilai); break; case "E": Console.WriteLine("Nilai Anda\t: {0} (Kurang)", nilai); break; default: Console.WriteLine("Nilai yang Anda Masukkan Salah"); break; } } } }

1. using System; merupakan perintah yang menandakan bahwa user akan menggunakan segala sesuatu yang ada di library system. 2. namespace PercabanganSwitch merupakan perintah yang digunakan untuk menamai program. 3. class Program


4. static void Main(string[] args) ini fungsi main () merupakan awal dan untuk memulai fungsi program C# dalam compilernya. Void merupakan perintah tanpa tipe */. 5. string nilai; merupakan pendeklarasian tipe data untuk nilai yaitu bertipe string. 6. Console.Write("Masukkan
nilai [A-E]\t: ");

merupakan perintah yang digunakan untuk menampilkan tulisan “Masukkan nilai [A-E]” pada tampilan runnging program. 7. nilai = Console.ReadLine(); merupakan perintah yang digunakan untuk memasukkan suatu inputan ke dalam nilai. 8. switch (nilai) merupakan fungsi untuk mengalihkan antara keputusan satu dengan keputusan yang lainnya. 9. case
"A":

merupakan A.

fungsi

untuk

mendeklarasikan

keputusan

Sedangkan

Console.WriteLine("Nilai

Anda\t: {0} (Sempurna)", nilai);

merupakan perintah

untuk menampilkan tulisan “Nilai Anda : (Sempurna)” pada tampilan running program. Dan nilai digunakan untuk

memanggil isi dari nilai yang telah dimasukkan tadi. 10. case
"B":

merupakan B.

fungsi

untuk

mendeklarasikan

keputusan
Anda\t:

Sedangkan
(Sangat

Console.WriteLine("Nilai nilai);

{0}

Baik)",

merupakan (Sangat

perintah untuk menampilkan tulisan “Nilai Anda :

Baik)” pada tampilan running program. Dan nilai digunakan untuk memanggil isi dari nilai yang telah dimasukkan tadi. 11. case
"C":

merupakan C.

fungsi

untuk

mendeklarasikan

keputusan

Sedangkan

Console.WriteLine("Nilai

Anda\t: {0} (Baik)", nilai);

merupakan perintah untuk (Baik)” pada tampilan

menampilkan tulisan “Nilai Anda :

running program. Dan nilai digunakan untuk memanggil isi dari nilai yang telah dimasukkan tadi.


12. case

"D":

merupakan D.

fungsi

untuk

mendeklarasikan

keputusan

Sedangkan

Console.WriteLine("Nilai

Anda\t: {0} (Cukup)", nilai);

merupakan perintah untuk

menampilkan tulisan “Nilai Anda : (Cukup)” pada tampilan running program. Dan nilai digunakan untuk memanggil isi dari nilai yang telah dimasukkan tadi. 13. case
"E":

merupakan E. Sedangkan
(Kurang)",

fungsi

untuk

mendeklarasikan

keputusan
Anda\t:

Console.WriteLine("Nilai nilai);

{0}

merupakan perintah (Kurang)” pada digunakan untuk

untuk menampilkan tulisan “Nilai Anda : tampilan running program. Dan nilai

memanggil isi dari nilai yang telah dimasukkan tadi. 14. break; merupakan fungsi yang digunakan untuk menghentikan proses pengulangan. 15. default: merupakan fungsi yang merepresentasikan suatu nilai tidak memenuhi kondisi satu pun. 16. Console.WriteLine("Nilai
Salah"); yang Anda Masukkan

merupakan

perintah

yang

digunakan

untuk

menampilkan tulisan “Nilai yang Anda Masukkan Salah” pada tampilan running program.

Hasil running program tersebut adalah :

Gambar 5.14 Tampilan hasil program 10

5.3.6

Perulangan


5.3.6.1 Program for Perulangan yang akan dibahas di sini terdiri dari 3 macam perintah, yaitu :
using System; namespace Perulangan { class Program { static void Main(string[] args) { int n; for (n = 1; n < 10; n++) { Console.WriteLine("Welcome to C#"); } } } }

1. using System; merupakan perintah yang menandakan bahwa user akan menggunakan segala sesuatu yang ada di library system. 2. namespace Perulangan merupakan perintah yang digunakan untuk menamai program. 3. class Program 4. static
void Main(string[] args)

ini fungsi main ()

merupakan awal dan untuk memulai fungsi program C# dalam compilernya. Void merupakan perintah tanpa tipe */. 5. int n; merupakan pendeklarasian tipe data untuk n yaitu bertipe data integer. 6. for (n = 1; n < 10; n++) merupakan fungsi yang digunakan untuk mengulang suatu proses. 7. Console.WriteLine("Welcome to C#"); Merupakan perintah yang digunakan untuk menampilkan tulisan “Welcome to C#” pada tampilan running program.

Hasil dari running program perulangan tersebut adalah :


5.3.6.2 Program while Berikut ini adalah source code program yang menggunakan fungsi while.
using System; namespace Perulangan { class Program { static void Main(string[] args) { int angka; angka = 10; while (angka > 0) { Console.WriteLine("Angka sekarang\t= angka); angka--; } } } }

{0}",

1. using System; merupakan perintah yang menandakan bahwa user akan menggunakan segala sesuatu yang ada di library system. 2. namespace Perulangan merupakan perintah yang digunakan untuk menamai program. 3. class Program 4. static
void Main(string[] args)

ini fungsi main ()

merupakan awal dan untuk memulai fungsi program C# dalam compilernya. Void merupakan perintah tanpa tipe */. 5. int angka; merupakan pendeklarasian tipe data untuk angka yaitu bertipe data integer. 6. angka = 10; merupakan fungsi untuk mendeklarasikan nilai yaitu 10. 7. while (angka > 0) merupakan fungsi untuk mengulang suatu proses.


8. Console.WriteLine("Angka sekarang\t= {0}", = “ pada tampilan running program.

angka);

merupakan perintah untuk menampilkan tulisan “Angka sekarang

9. angka--; merupakan fungsi yang digunakan agar nilai variabel angka dikurangi 1.

Tampilan program setelah dijalankan adalah : 5.3.6.3 Program do while Berikut adalah source code program yang menggunakan fungsi Do While.
using System; namespace PerulanganDoWhile { class Program { static void Main(string[] args) { int number; string input; input = Console.ReadLine(); int.TryParse(input, out number); do { Console.WriteLine("{0}", number); number--; } while (number > 0); } } }

1.

using System;

merupakan perintah yang menandakan bahwa

user akan menggunakan segala sesuatu yang ada di library system. 2. namespace
PerulanganDoWhile

merupakan perintah yang

digunakan untuk menamai program. 3. class Program


4. static

void

Main(string[]

args)

ini fungsi main ()

merupakan awal dan untuk memulai fungsi program C# dalam compilernya. Void merupakan perintah tanpa tipe */. 5. int number; merupakan pendeklarasian tipe data untuk number yaitu bertipe data integer. 6. string input; merupakan pendeklarasian tipe data untuk input yaitu bertipe string. 7. input
= Console.ReadLine();

merupakan perintah yang

digunakan untuk memasukkan nilai. 8. int.TryParse(input, out number); merupakan fungsi yang digunakan agar nilai yang bertipe string dapat diubah menjadi tipe yang diinginkan. 9. Console.WriteLine("{0}",
number);

merupakan perintah

untuk menampilkan input yang telah dimasukkan. 10. number--; merupakan fungsi yang digunakan agar nilai variabel number dikurangi 1. 11. while (number > 0); merupakan fungsi untuk mengulang suatu proses.

Tampilan program settelah dijalankan adalah : 5.3.7 Tugas Praktikum 5.3.7.1 Latihan

1. Program Switch case
using System; using System.Collections.Generic; using System.Linq; using System.Text; namespace ConsoleApplication2 { class Program { static void Main(string[] args) {


z: Console.WriteLine("\nProgram Volume"); Console.Write("1. Volume Balok\n2. Volume Kubus\n3. VolumeKerucut\n"); Console.Write("Masukkan Pilihan : "); int a = Convert.ToInt16(Console.ReadLine()); switch (a) { case 1: Console.WriteLine("\nProgram Volume Balok"); Console.Write("Masukkan Panjang Balok :"); float p = Convert.ToSingle(Console.ReadLine()); Console.Write("Masukkan Lebar Balok :"); float l = Convert.ToSingle(Console.ReadLine()); Console.Write("Masukkan Tinggi Balok :"); float t = Convert.ToSingle(Console.ReadLine()); float vb = p * l * t; Console.Write("Volume Balok : {0}", vb); Console.ReadLine(); goto z; case 2: Console.WriteLine("\nProgram Volume Kubus"); Console.Write("Masukkan Sisi Kubus :"); float s = Convert.ToSingle(Console.ReadLine()); float vk = s * s * s; Console.Write("Volume Kubus : {0}", vk); Console.ReadLine(); goto z; case 3: Console.WriteLine("\nProgram Volume Kerucut"); float phi = 3.14f; Console.Write("Masukkan Jari-Jari Kerucut :"); float r = Convert.ToSingle(Console.ReadLine()); Console.Write("Masukkan Tinggi Kerucut :"); float tk = Convert.ToSingle(Console.ReadLine()); float vkr = phi * tk * r; Console.Write("Volume Kubus : {0}", vkr); Console.ReadLine(); goto z; } } } }


Gambar 5.15 Tampilan Program

2. Hasil Listing Program Diberikan source code program seperti di bawah ini.
using System; namespace Programlatihan2 { class Program { static void Main(string[] args) { int n,j; for (n = 0; n < 10; n++) { for (j = 0; j <= n; j++) { Console.Write("#"); } Console.Write("\n"); } } } }


Gambar 5.16 Tampilan listing Program

3. Program Bilangan Prima
using using using using System; System.Collections.Generic; System.Linq; System.Text;

namespace ConsoleApplication1 { class Program { static void Main(string[] args) { int i, j, x; for (i = 2; i <= 100; i++) { x = 0; for (j = 2; j <= Math.Sqrt(i); j++) { if (i % j == 0) { x++; } } if (x == 0) { Console.WriteLine("Bilangan prima : {0}", i); } } Console.ReadLine(); } } }


Gambar 5.17 Tampilan Program Bilangan Prima

5.3.7.2 Studi Kasus 1. Program Tebak Tanggal Lahir
using using using using System; System.Collections.Generic; System.Linq; System.Text;

namespace ConsoleApplication1 { class Program { static void Main(string[] args) { int tgl_lhr = 26; a: Console.Write("Masukkan tanggal lahir X = "); int tgl = Convert.ToInt16(Console.ReadLine()); if (tgl == tgl_lhr) { Console.Write("Tanggal lahir benar"); Console.ReadLine(); } else { Console.WriteLine("Tanggal lahir salah"); Console.WriteLine("Silahkan ulangi\n"); Console.ReadLine(); goto a; } } } }


2. Program Windows Form Application
using using using using using using using using System; System.Collections.Generic; System.ComponentModel; System.Data; System.Drawing; System.Linq; System.Text; System.Windows.Forms;

namespace WindowsFormsApplication1 { public partial class Form1 : Form { public Form1() { InitializeComponent(); } private void button1_Click(object sender, EventArgs e) {

if (a.Text == "") { x.SetError(a, "Masukkan Nama"); } if (b.Text == "") { x1.SetError(b, "Masukkan NIM"); } if (c.Text == "") { x2.SetError(c, "Masukkan Kelas"); } if (d.Text == "") { x3.SetError(d, "Masukkan Shift"); } for (int i = 0; i < bar1.Maximum; i++) { bar1.Value = bar1.Value + 1; }

MessageBox.Show("\nNama\t : " + a.Text + "\nNIM\t : " + b.Text + "\nKelas\t : " + c.Text + "\nShift\t : " + d.Text); } private void textBox2_TextChanged(object sender, EventArgs e) {


} private void Form1_Load(object sender, EventArgs e) { } private void progressBar1_Click(object sender, EventArgs e) { } } }

Gambar 5.18 Tampilan Windows Form


Gambar 5.19 Memasukan Data

Gambar 5.20 Output Data


5.4

Kesimpulan 1. Bahasa pemrograman C# merupakan pengembangan dari bahasa pemrograman J++. 2. Program perulangan (looping) pada bahasa pemrograman C# menggunakan statemen for, statemen while, dan statemen do while. 3. 4. Pada bahasa pemrograman C#, fungsi main () dideklarasikan seperti ini :
static void Main(string[] args)

Struktur perulangan for biasa digunakan untuk mengulang suatu proses yang telah diketahui jumlah perulangannya.

5.

Statemen while digunakan untuk melakukan perulangan, sama dengan statemen for namun while memerlukan kondisi pertidaksamaan.

6.

Komponen-komponen dalam source code program antara lain fungsi main (), perintah (statemen), keyword (using), dan kurung kurawal.

7. 8.

Pengkondisian pada bahasa C# menggunakan if ( ) dan switch ( ). Fungsi Console.ReadLine() digunakan untuk meminta nilai yang

dimasukkan oleh user di dalam bahasa C#. 9. Fungsi TryParse() berfungsi untuk mengubah tipe data string menjadi tipe data yang diinginkan, karena nilai yang diberikan oleh

Console.ReadLine()

bertipe string.

10. Statemen switch case merupakan bagian dari statemen pengkondisian yang dapat melakukan percabangan dengan lebih mudah, sehingga lebih sering dihunakan dalam pengkondisian yang memuat banyak kondisi. 11. Variabel berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan data, sedangkan tipe data berfungsi untuk merepresentasikan jenis dari sebuah nilai yang terdapat dalam program.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar